cover
Contact Name
Fajril Akbar
Contact Email
ijab@fti.unand.ac.id
Phone
+627517770
Journal Mail Official
teknosi@fti.unand.ac.id
Editorial Address
Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi Universitas Andalas Kampus Limau Manis, Padang 25163, Sumatera Barat
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Jurnas Nasional Teknologi dan Sistem Informasi
Published by Universitas Andalas
ISSN : 24768812     EISSN : 24603465     DOI : https://dx.doi.org/10.25077/TEKNOSI
Core Subject : Science,
Jurnal ini menerbitkan artikel penelitian (research article), artikel telaah/studi literatur (review article/literature review), laporan kasus (case report) dan artikel konsep atau kebijakan (concept/policy article), di semua bidang : Geographical Information System, Enterpise Application, Bussiness Intelligence, Data Warehouse, Network Computer Security, Data Mining, Computer Architecture Design, Mobile Computing, Computing Theory, Embedded system, Decision Support System
Articles 17 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 3 (2016): Desember 2016" : 17 Documents clear
Sistem Informasi Geografis Menggunakan Multi Criteria Evaluation Untuk Zonasi Wisata Bahari Pantai Rupat Roni Salambue; Nurdin .; Rangga Putra Pratama; Benny Putra
Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi Vol 2, No 3 (2016): Desember 2016
Publisher : Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Andalas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25077/TEKNOSI.v2i3.2016.167-174

Abstract

Pantai Rupat telah ditetapkan sebagai kawasan pariwisata oleh Pemda Kabupaten Bengkalis. Kebijakan strategis Pemda dalam mendukung Pantai Rupat sebagai destinasi wisata bahari adalah dengan membangun infrastuktur akses jalan, dermaga pelabuhan ferry penyeberangan dan penginapan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan zonasi kawasan wisata bahari pada Pantai Rupat menggunakan Sistem Informasi Geografis (SIG). Metode yang digunakan adalah metode multi criteria evaluation untuk menganalisa kesesuaian kawasan. Hasil analisis menunjukkan kawasan Teluk Rhu, Tanjung Punak, Putri Sembilan dan Makeruh dikategorikan cukup sesuai sebagai zona wisata bahari pesisir pantai namun kawasan Sungai Cingam dikategorikan sebagai zona yang tidak sesuai. Untuk zona wisata bahari rekreasi pantai kawasan Teluk Rhu, Tanjung Punak dan Makeruh dikategorikan sebagai zona yang sesuai, kawasan Sungai Cingam dikategorikan sebagai zona yang cukup sesuai dan kawasan Putri Sembilan dikategorikan sebagai zona yang tidak sesuai
Aplikasi Monitoring Perangkat dan Aktivitas Pengguna pada Jaringan Menggunakan Protocol SNMP dan Squid proxy Danur Wijayanto; Indra Waspada
Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi Vol 2, No 3 (2016): Desember 2016
Publisher : Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Andalas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25077/TEKNOSI.v2i3.2016.11-20

Abstract

Unit Pengelolaan dan Pelayanan Teknologi Informasi (UP2TI) adalah salah satu unit di Fakultas Sains Matematika Universitas Diponegoro yang bergerak di bidang pelayanan dan pengelolaan segala sesuatu yang berkaitan dengan teknologi informasi. UP2TI mengelola perangkat jaringan seperti router, switch, server, dan access point di FSM UNDIP. Dengan banyaknya perangkat jaringan yang dikelola, admin UP2TI mengalami kesulitan jika proses monitoring perangkat jaringan dilakukan secara manual yaitu hanya mengandalkan laporan dari client jika ada permasalahan pada jaringan dan juga belum ada sistem untuk memonitor aktifitas pengguna internet.Solusi atas permasalahan tersebut dengan membuat aplikasi monitoring jaringan. Aplikasi monitoring bisa juga disebut sebagai Network Management System yaitu suatu sistem yang berfungsi untuk membantu system administrator dalam memonitor dan mengontrol perangkat jaringan yang kompleks SNMP merupakan sebuah protocol aplikasi pada jaringan TCP/ IP yang dapat digunakan sebagai protocol dalam Network Management System.Aplikasi monitoring yang dikembangkan juga melakukan pembacaan log squid proxy untuk mengetahui aktivitas pengguna internet. Pengembangan aplikasi ini menggunakan metode waterfall dengan bahasa pemograman PHP dengan framework CodeIgniter dan sistem manajemen basis data MySQL. Setelah pengembangan selesai dilakukan, dilanjutkan pengujian secara black-box. Hasil akhir dari penelitian ini adalah aplikasi yang memudahkan admin dalam memonitoring perangkat dan aktivitas pengguna pada jaringan Fakultas Sains Matematika Universitas Diponegoro
Penerapan Enterprise Resource Planning (ERP) Pengadaan Bahan Baku dan Pengelolaan Produksi Pada Perusahaan Furniture Menggunakan ADempiere (Studi Kasus: CV Roland Kencana) Hasdi Putra; Ravi Azhari
Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi Vol 2, No 3 (2016): Desember 2016
Publisher : Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Andalas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25077/TEKNOSI.v2i3.2016.117-128

Abstract

In this era of global competition, companies need to shorten the production cycle, responsive to market dynamics and customer demand and to strengthen information exchange system. In this competitive environment, Enterprise Resource Planning (ERP) is very helpful in integrating the management of all the company's resources. In manufacturing companies such as furniture, raw materials shall be made available for the production process. Shortages of raw materials can be anticipated early through inventory information that can be accessed quickly and accurately so that the business process is still running. This study aims to assist companies in implementing ERP systems by proposing strategies and tactics to overcome the problems encountered in implementing ERP systems. ADempiere as one ERP applications can help manage the transaction data and inventory business processes to improve corporate performance. The stages are carried out in this research is to identify problems, analyze business processes, election ADempiere application modules, implementation and testing of applications. Business processes are identified consisting of sales, purchasing and production. The results of analysis of business processes described in the Business Process Modeling Notation (BPMN) and a working model of the system is shown by the use case diagram. System test results obtained by comparing the ERP system using the manual system. The test results prove that ADempiere can produce the raw material inventory information in real time, generate transaction reports purchases, sales, production, and financial reports automatically so that it can help company leaders make decisions quickly and accurately. 
Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Tingkat Kualitas Kesejahteraan Masyarakat Berdasarkan Indikator Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional Menggunakna Web Mobile (Studi Kasus Desa KUTAWARINGIN) Abdul Hamid; Muhamad Muslihudin
Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi Vol 2, No 3 (2016): Desember 2016
Publisher : Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Andalas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25077/TEKNOSI.v2i3.2016.57-66

Abstract

Untuk menentukan tingkat kualitas kesejahteraan masyarakat Desa Kutawaringin dapat dilakukan survey menggunakan Sistem Penunjang Keputusan  berbasis web dengan indikator yang telah di tetapkan oleh Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional. Metode penelitian yang digunakan dalam tahap pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan pustaka. Sistem berisi tentang halaman index, halaman tampil, halaman login, dan halaman quisioner. Sistem dirancang dengan PHP sebagai bahasa pemrograman pengkoneksi database, MySQL sebagai database, Macromedia Dreamweaver untuk perancangan web, Jquery Mobile Framework untuk perancangan web mobile dan Apache sebagai server web. Implementasi sistem yang di rancang menggunakan model prototyping. Sistem Penunjang Keputusan berbasis web dapat membantu penilaian kualitas kesejahteraan masyarakat dengan cepat.
Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Beasiswa PPA dan BBM pada Perguruan Tinggi Swasta Provinsi Sumbar, Jambi dan Kepri di Kopertis Wilayah X Padang Menggunakan Metode AHP (Analytical Hierarchy Process) Heru Saputra
Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi Vol 2, No 3 (2016): Desember 2016
Publisher : Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Andalas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25077/TEKNOSI.v2i3.2016.175-188

Abstract

Proses seleksi beasiswa PPA dan BBM di kopertis wilayah X Padang selama ini masih menggunakan cara manual untuk menentukan Perguruan Tinggi Swasta mana yang berhak menerima beasiswa PPA dan BBM sehingga pengelolaan data kurang efektif, membutuhkan waktu yang relatif lama dan sering terjadi subjektifitas dari para pengelola beasiswa. untuk ini dibutuhkan suatu sistem pendukung keputusan untuk memberikan pertimbangkan pihak pengelola beasiswa untuk dalam  menyeleksi beasiswa PPA dan BBM. Sistem pendukung keputusan dengan metode AHP ini akan mengurutkan prioritas penerima beasiswa PPA sesuai dengan krtiteria pengambilan keputusan. sistem pendukung keputusan dengan metode AHP dapat memberikan alternatif terbaik bagi pihak pengelola beasiswa dalam menentukan mahasiswa yang berhak menerima beasiswa sesuai kondisi yang diharapkan
Penerapan Metode ID3 terhadap Perancangan Sistem Penentuan Penerima Bantuan Sosial Pemugaran RTLH Kota Salatiga Cadwell Marthin Rumagit; Charitas Fibriani
Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi Vol 2, No 3 (2016): Desember 2016
Publisher : Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Andalas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25077/TEKNOSI.v2i3.2016.101-116

Abstract

Bantuan sosial pemugaran rumah tidak layak huni menjadi satu dari sekian banyak bentuk penanggulangan tingkat kemiskinan di Salatiga yang ditangani langsung oleh instansi pemerintahan didalamnya yaitu Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, Keluarga Berencana, dan Ketahanan Pangan. Kelompok Kerja dibentuk untuk menentukan anggota penerima bantuan serta melakukan pendataan dan mengusulkan calon penerima bantuan untuk dipertimbangkan. Pengajuan penerima bantuan dilakukan dengan memberikan Proposal yang dibuat Kelompok Kerja terhadap instansi terkait dan akan dilakukan verifikasi langsung oleh instansi tersebut. Dalam tulisan ini peneliti ingin membantu menyederhanakan proses penentuan penerima bantuan sehingga bisa meminimalisir tingkat subjektifitas dalam penentuan penerima bantuan tersebut. Iterative Dichotomiser 3 (ID3) merupakan metode yang efektif dalam pengambilan keputusan dengan melibatkan banyak atribut. ID3 menghasilkan pohon keputusan yang berguna dalam penentuan rule sebagai dasar perancangan sistem yang diperlukan.
Analisa Estimasi Penyeleksian Dosen Menggunakan Metode Backpropagation (Studi Kasus STMIK Amik Riau) Debi Setiawan
Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi Vol 2, No 3 (2016): Desember 2016
Publisher : Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Andalas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25077/TEKNOSI.v2i3.2016.129-148

Abstract

Abstract- The purpose of this study was to estimate the number of lecturers who will be selected at the end of the year. Selection of lecturers is a way to determine the productivity of lecturers. In Act No. 14 of 2005, article 67, explained that an institution can undertake unilateral termination respectfully, when it ended joint working relationship between lecturers and education providers. At private colleges, the trigger of the selection of lecturers due to the productivity and the number of students. If the number of students is insufficient faculty ratio, while increasing productivity and excellent faculty, it still will do the selection of lecturers. The problem that arises is the imbalance for lecturers who have improved performance. It is necessary for analysis of estimates in the process of selecting lecturers, lecturers and institutions in order to be able to take a stand to solve this problem. Estimation using the design pattern of artificial neural networks (ANN) and methods of propagation, with an error rate of 0.5%. Variables that will be used is the amount of students majoring in IT (Computer Science), MI (Management Information) on campus STMIK Amik Riau, the number of Lecturer (MI and TI), and the final value of faculty productivity. These five variables will be processed on the system of selecting lecturers analysis using backpropagation method, so that the results to be obtained is the number of lecturers who will be affected by the selection of lecturers on campus STMIK Amik Riau.
Aplikasi Fuzzy Logic dalam Diagnosa Penyakit Diabetes Mellitus pada PUSKESMAS di Jakarta Timur Zaimatun Niswati; Aulia Paramita; Fanisya Alva Mustika
Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi Vol 2, No 3 (2016): Desember 2016
Publisher : Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Andalas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25077/TEKNOSI.v2i3.2016.21-30

Abstract

Abstract— Patients with diabetes mellitus increased from year to year. This is due to delays in diagnosis of the disease and also because of unhealthy lifestyles. This study aims to create an application of decision support systems in the field of health, namely the diagnosis of the disease Diabetes Mellitus with Fuzzy Inference System (FIS) Mamdani, so that a layman can perform early diagnosis and immediate treatment. Decision Support System Techniques developed to improve the effectiveness of decision-makers. Samples are six puskesmas in East Jakarta. This application uses five variables as inputs consisting of glucose 2 hours after a meal, Diastolic blood pressure, body mass index, family history of diabetes, total pregnancies and one variable as output. The data obtained be processed using fuzzy logic approach to programming Matlab and made Graphical User Interface (GUI). Result is an expert system for diagnosis of Diabetes Mellitus .The trial results by midwives and nurses puskesmas is 100% of these applications in accordance with the doctor”s diagnosis. It is to help improve the quality of service in the Puskesmas in East Jakarta, thus satisfying the users and puskesmas be able to compete both nationally and internationally. 
Perancangan Sistem Informasi Manajemen Proyek Pengaksessan Dokumen Perakitan PCBA Di PT Surya Teknologi Batam Berbasis Web . Tukino
Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi Vol 2, No 3 (2016): Desember 2016
Publisher : Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Andalas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25077/TEKNOSI.v2i3.2016.67-84

Abstract

Intisari— PT. Surya Teknologi Batam sebagai perusahaan yang peduli lingkungan juga berupaya mengurangi konsumsi kertas dan toner printer, dengan memindahkan dokumen – dokumen yang berhubungan dengan perintah kerja perakitan PCB yang sebelumnya diberikan kepada line produksi dalam bentuk kertas, menjadi sistem online dengan menggunakan pemanfaatan layar komputer. Untuk itu pemanfaatan teknologi informasi memegang peranan penting dalam mewujudkan perubahan ini. Sistem informasi pengelolaan dokumen ini dibangun dengan menggunakan metode waterfall. Pembangunan sistem informasi pengelolaan dokumen ini diawali dengan melakukan analisis kebutuhan, perancangan sistem, serta implementasi dan pengujian sistem. Analisis kebutuhan dilakukan untuk mengumpulkan data-data yang diperlukan dalam membangun sistem. Perancangan sistem meliputi perancangan arsitektur, basis data, dan perancangan user interface. Implementasi sistem menggunakan basis data MySQL dengan bahasa pemrograman PHP dan Javascript. Pengujian sistem dilakukan dengan metode black-box yang berfokus pada fungsional sistem. Hasil dari pengujian yang dilakukan menunjukkan bahwa sistem informasi pengelolaan dokumen di PT. Surya Teknologi Batam berbasis web telah sesuai dengan kebutuhan fungsional sistem.
Penerapan Web Services untuk Layanan Informasi Pekerjaan Online Adi Wibowo; Kartika Gunadi; Benny Hartono Santoso
Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi Vol 2, No 3 (2016): Desember 2016
Publisher : Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Andalas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25077/TEKNOSI.v2i3.2016.149-156

Abstract

Abstract— There are multiple websites that provide job vacancies information through internet. The limitation of those sites is that they manage only their own data. There is no effort to share their data to other websites. Data sharing will benefit users that users can search vacancies from larger and more complete database. This research proposes a prototype of job vacancies information provider using SDLC method. To share data this sistem proposed using REST protocol. REST protocol enable sistem to share job vacancies data, job seeker data, and login data among systems. The result shows that the prototype can provide data through REST as needed. Intisari— Situs penyedia data lowongan pekerjaan banyak tersedia di internet. Kekurangan yang terlihat pada situs-situs tersebut adalah bahwa data yang tersimpan hanya dikelola secara mandiri oleh tiap situs. Tidak ada upaya berbagi (sharing) antar situs yang memungkinkan pengguna mencari data dari database yang lebih besar atau lengkap. Penelitian ini menggunakan metode SDLC untuk mengusulkan purwarupa situs data lowongan pekerjaan dengan dukungan protokol REST. Protokol REST memungkinkan sistem berbagi data lowongan pekerjaan, data pencari pekerjaan, dan login antar sistem. Hasil penelitian menunjukkan bahwa purwarupa dapat menyediakan layanan data melalui REST sesuai kebutuhan.

Page 1 of 2 | Total Record : 17